Rabu, 03 Oktober 2012

Implementasi Grafik Komputer dan Citra

     Implementasi adalah mewujudkan rumusan menjadi suatu yang nyata. Pengertian dari grafik komputer adalah salah satu ilmu komputer yang mempelajari tentang hubungan antara manusia dengan komputer. Sedangkan definisi pengolahan citra itu sendiri adalah usaha untuk melakukan transformasi suatu citra/gambar menggunakan teknik tertentu dan salah satu cabang ilmu informatika. 

    Aplikasi grafik komputer sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari. Pada kepentingan tertentu, citra (gambar) digunakan untuk mengungkapkan pertimbangan, ilustrasi, penggambaran, ingatan, pendidikan, komunikasi, navigasi, hiburan, dan sebagainya. Yang kemudian dihubungkan dengan pengubahan dan perbaikan citra (gambar) yang bertujuan antara lain:

1.      Memperbaiki kesalahan data sinyal gambar akibat transmisi sinyal.
2.      Meningkatkan penampakan gambar sehingga dapat diterima oleh sistem penglihatan manusia.
Umumnya pengolahan citra melibatkan alat bantu komputer, yang selanjutnya dihubungkan dengan konsep komputasi dan elektronik dunia mesin sejalan dengan atribut penglihatan manusia. Aspek komputer adalah sebuah sistem yang berhubungan dengan elemen-elemen perangkat keras seperti sensor optik dan arsitektur pengolahan pararel pada komputer, grafika komputer dan display serta elemen-elemen perangkat lunak seperti manipulasi data dan perhitungan data gambar. Sedangkan aspek penglihatan (vision) adalah bayangan dari sistem penglihatan manusia dan melingkupi aspek fungsional mata, saraf optik, dan otak.
Grafika komputer digunakan diberbagai bidang seni, sains, bisnis, pendidikan, dan hiburan, sebagai contoh
ü  Kesehatan / kedokteran : 
Aplikasi grafis pengolahan citra di bidang kesehatan yaitu seperti    pengenalan golongan darah dan sistem rontgen
ü  Perpetaan / cartography :
Aplikasi grafis pengolahan citra di bidang pendidikan yaitu teknik pembuatan peta dari proses grafis sampai sebuah gambar menjadi peta yang terlihat informative (map composition).
ü  Permainan : 
Aplikasi grafis pengolahan citra di bidang hiburan yaitu grafis animasi pada sebuah games.
ü  Computer Aided Design :
Aplikasi grafis pengolahan citra di bidang seni yaitu CAD (Computer Aided Design), Aplikasi CAD banyak digunakan dalam kalangan teknik, dengan menggunakan CAD seorang perancang tidak lagi menggunakan meja gambar.
ü  Presentasi data statistik :
Aplikasi grafis pengolahan citra di bidang bisnis yaitu Presentasi, aplikasi presentasi banyak digunakan oleh kalangan bisnis dalam mempresentasikan ide-ide atau konsep-konsep menggunakan sebuah alat yaitu proyektor.


Aplikasi grafika komputer adalah program komputer yang dirancang khusus untuk menghasilkan grafis atau representasi visual dari data kedalam bentuk gambar, slide, dan sebagainya.  Salah satu contoh dari hasil  grafik computer saat ni yang paling berkembang adalah game. Yaitu game pc, playstation , maupun game online itu salah satu hasil dari grafik komputer. Implementasi grafik  computer dalam pembuatan  game tersebut  membantu untuk penggerak  dan penarik untuk di lihat.



1 komentar:

  1. kita juga punya nih jurnal Grafik komputer, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3166/1/IMG_0006.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    BalasHapus